Pemilihan Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar

 28 Oktober 2023    Dibaca: 28102269 Pengunjung

Literasi

SMA Negeri 7 Denpasar menjadi salah satu sekolah yang menjunjung tinggi budaya literasi. Serangkaian kegiatan digencarkan dalam rangka meningkatkan minat baca siswa-siswi di SMA Negeri 7 Denpasar. Salah satu terobosan baru yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan diadakannya pemilihan duta literasi. Duta literasi adalah siswa-siswi yang terbentuk dari suatu pemilihan seleksi dengan tujuan untuk mengembangkan hal-hal dalam dunia literasi. Pemilihan duta literasi di SMA Negeri 7 Denpasar telah berlangsung mulai dari tanggal 25 September - 28 Oktober 2023. Tahapan dimulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, akademik, wawancara, hingga presentasi karya. Sabtu, 28 Oktober 2023 lalu menjadi puncak dari penantian serangkaian kegiatan pemilihan duta literasi di SMA Negeri 7 Denpasar.  Bagaimana tidak, setelah melalui perjalanan panjang, melewati berbagai tahap seleksi, inilah hari di mana para finalis Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar akan unjuk diri menampilkan yang terbaik demi terpilih menjadi 3 orang perwakilan duta literasi dimasing-masing angkatan.

Kegiatan puncak pemilihan Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar 2023 dibuka dengan laporan dari Ketua Panitia Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar, yakni Bapak I Nengah Sadia, S.Pd. dan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah yang diwakili oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, yakni Bapak Drs. Belman Sitorus. Setelah itu, diperkenalkan ketiga dewan juri pada hari itu yang akan turut serta dalam penilaian pemilihan Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar. Dewan juri pertama atas nama dr. I Wayan Windi Artha, S.Ked. yang merupakan pemenang Duta Bahasa Provinsi Bali 2023 dan Terbaik II dalam Duta Bahasa Nasional 2023. Dewan juri kedua atas nama Ni Putu Karlina Dianti, S.Pd.B. yang merupakan Guru Bahasa Bali di SMA Negeri 7 Denpasar. Dewan juri ketiga atas nama Luh Putu Adi Sastrawati, S.Pd. yang merupakan Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 7 Denpasar. Tentunya pemilihan ketiga dewan juri tersebut berdasarkan pada pengalaman, latar belakang, dan juga prestasi yang telah mereka ukir, terutama dalam bidang sastra dan bahasa. Selanjutnya diperkenalkan 15 besar finalis Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar. Mereka adalah siswa-siswi yang telah bersaing sehingga tersaring menjadi para finalis. Finalis duta literasi kelas X atas nama I Gusti Ayu Nadhia Adwitya Zahrani (X2), Pande Putu Mirah Gayatri Dewi (X12), Luh Putu Amrita Amerthysta (X5), Ni Komang Putri Bhanowati Suyono (X1), dan Komang Karang Pramana Sukma Taksu (X1). Finalis duta literasi kelas XI atas nama Ni Made Lisa Candra Anggun Nita (XI C3), Muchamad Naufal Hilmy El Qudory (XI C1), I Gede Kevin Christiano Ariawan (XI C3), Ni Putu Arista Pradnyaswari (XI C1), I Ketut Arya Jivanmukta (XI C3).  Finalis duta literasi kelas XII atas nama I Kadek Dwi Pradnya Diannanta Sutrisna (XII MIPA 8), Putu Dian Kusuma Wardhani (XII MIPA 4), Putu Ayu Nabila Oktavianti (XII MIPA 9), Ni Putu Diah Noviyanti (XII MIPA 9), dan Ni Luh Putu Dinda Ariyani (XII IPS 1).

Para finalis duta literasi secara bergantian akan menyampaikan orasi yang meliputi penyampaian visi, misi, dan program kerja yang akan mereka galakkan jikalau terpilih menjadi Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar. Sesi tanya jawab pun juga terlontar antara para dewan juri dengan para finalis. Nantinya lewat orasi dan tanya jawab inilah, dewan juri dapat melakukan penilaian sekaligus seleksi untuk memilih tiga terbaik di masing-masing angkatan. Sembari menunggu hasil penilaian, siswa-siswi SMA Negeri 7 Denpasar disuguhkan oleh penampilan apik dari Seven Voices SISMA; penyampaian kesan dan pesan dari Duta Bahasa Nasional 2023, yaitu I Wayan Windi Artha, yang tentunya memberikan banyak ilmu baru; dan penyerahan sertifikat juri Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar sebagai bentuk apresiasi. Hingga tibalah saatnya yang paling ditunggu-tunggu terutama oleh para finalis, yakni pengumuman Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar sekaligus pemberian hadiah. Adapun pemenang Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar atas nama Pande Putu Mirah Gayatri Dewi (Kelas X), I Ketut Arya Jivanmukta (Kelas XI), dan Ni Luh Putu Dinda Ariyani (Kelas XII). Wakil I atas nama  I Gusti Ayu Nadhia Adwitya Zahrani (Kelas X), Ni Made Lisa Candra Anggun Nita (Kelas XI), dan Ni Putu Diah Noviyanti (Kelas XII). Wakil II atas nama Ni Komang Putri Bhanowati Suyono (Kelas X), I Gede Kevin Christiano Ariawan (Kelas XI), dan Putu Dian Kusuma Wardhani (Kelas XII). Juara favorit yang dipilih melalui sistem voting melalui Instagram (@literasi_sisma), yaitu atas nama Ni Komang Putri Bhanowati Suyono (Kelas X). Merekalah orang-orang terpilih yang selanjutnya akan memimpin untuk mengemban tugas dalam rangka meningkatkan gerakan literasi di kalangan siswa-siswi SMA Negeri 7 Denpasar.

Saat ditemui setelah pengumuman duta literasi, ketiga pemenang Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar, yakni Mirah, Jivan, dan Dinda membagikan pengalaman mereka dalam perjalanan meraih gelar tersebut. Mulai dari perasaan mereka yang tentunya sangat merasa senang dan bangga sebab menjadi duta literasi pertama di SMA Negeri 7 Denpasar. Persiapan yang mereka lakukan diantaranya mencari referensi terkait dunia literasi, berlatih public speaking, hingga mempersiapkan berbagai pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan saat penilaian. Setelah terpilih menjadi duta literasi, mereka bertiga mengatakan bahwa hal pertama yang akan mereka lakukan dalam membenahi minat literasi di SMA Negeri 7 Denpasar, adalah melalui cara mempertahankan terlebih dahulu kemudian perlahan-lahan akan berusaha ditingkatkan hingga nantinya membuahkan prestasi yang menjadi tujuan akhir dari visi dan misi yang mereka gencarkan. Mereka juga memberitahukan bahwa tantangan menjadi seorang duta ini sebenarnya berasal dari diri mereka sendiri, bagaimana mereka bisa menjadikan diri mereka sebagai contoh yang baik. “Semoga dengan adanya Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar ini bisa menjadi wadah berkolaborasi dalam menjalankan program kerja yang akan meningkatkan budaya literasi siswa-siswi,” ujar Mirah, Jivan, dan Dinda serempak.

Kegiatan puncak Pemilihan Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar akhirnya telah berada di pengujung acara di mana ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk mengabadikan momen yang mengesankan ini.  Diharapkan dengan adanya pemilihan Duta Literasi SMA Negeri 7 Denpasar ini bisa menjadi suatu langkah kemajuan. Mengedepankan budaya literasi demi memajukan pendidikan negeri dan mewujudkan masyarakat literat khususnya di lingkungan SMA Negeri 7 Denpasar. (Programa 7)

TAGS :