Intip Kreativitas pada Sastra of SISMA 2023 untuk Memeriahkan Bulan Bahasa

 31 Oktober 2023    Dibaca: 31102120 Pengunjung

Bulan Bahasa

Bulan Bahasa selalu kita meriahkan pada bulan Oktober sebagai serangkaian  memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tentunya pada bulan bahasa tahun ini SMA Negeri 7 Denpasar juga melaksanakan beberapa rangkaian lomba untuk memperingati bulan bahasa yang kita sebut sebagai event "Sastra of SISMA (SOS)". SOS yang diselenggarakan SISMA tahun ini bertemakan "Gemilap Bahasa Muda Berkarya yang mengacu pada kreativitas anak muda dalam berkarya lewat berbagai macam bahasa. Lomba-lomba yang diusung oleh SMA Negeri 7 Denpasar memiliki aneka ragam bahasa yang menjadi bukti bahwa kita memiliki banyak bahasa di dunia. Adapun kegiatan perlombaan yang diselenggarakan pada event SOS tahun 2023 ini yaitu lomba susun hiragana untuk kelas X (Bahasa Jepang), lomba berbalas pantun untuk kelas XI (Bahasa Indonesia), dan lomba Sing a Song untuk kelas XII (Bahasa inggris).

Kegiatan pada hari Kamis, 26 Oktober 2023 dimulai dengan kegiatan lomba “Menyusun Hiragana” yang diikuti oleh seluruh kelas X. Setiap tim diberikan potongan-potongan huruf hiragana satu persatu yang nantinya para peserta harus menyusun sesuai dengan kata yang didapatkan. Tentu saja lomba tersebut harus memiliki kerja sama tim yang baik agar dapat menyusun huruf  demi huruf. "Tentunya sangat deg-degan, apalagi menyusun hiragana itu lumayan sulit. Tapi syukurnya saya dan partner saya berhasil menyusun huruf demi huruf dengan baik. Kita selalu latihan sehabis pulang sekolah, untuk memperkuat kerja sama tim juga." Ucap Dayu Sri dari kelas X-1 dalam wawancara (26/10/2023)

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan oleh lomba Sing a Song yang dilaksanakan oleh kelas XII. Tentunya lomba Sing a Song ini paling banyak peminatnya. Warga SISMA tidak sabar ingin melihat keindahan vokal yang akan ditampilkan oleh siswa-siswi SMA Negeri 7 Denpasar. Pada lomba Sing a Song ini, para peserta harus menyanyikan lagu berbahasa inggris yang telah ditentukan oleh panitia sesuai dengan nomor undi yang didapat. Bagai ajang profesional, semua para peserta dari masing-masing kelas memiliki ciri khas sendiri dan keunikannya sendiri. Kegiatan lomba Sing a Song menjadi penutup keseruan pada Day-1 Sastra of SISMA.

Day-2 Sastra of Sisma yang dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 dilanjutkan dengan kegiatan seru lomba berbalas pantun yang diikuti oleh seluruh kelas XI. Tentunya perlombaan berbalas pantun ini telah menyuguhkan kreativitas para peserta dalam merangkai kata demi kata menjadi sebuah pantun yang baik. "Kuncinya yaitu kita banyak latihan sih seperti menyusun kata demi kata sesuai kata kunci yang telah disediakan," Ucap Kevin dari kelas XI C3 sebagai salah satu peserta. Pada perlombaan ini telah membuat hiruk pikuk penonton menjadi meriah, tertawa, dan takjub dengan aksi saling berbalas pantun. Setelah itu, acara dilanjutkan oleh babak penyisihan dari perlombaan Sing a Song yang dilaksanakan oleh 5 besar, yaitu perwakilan kelas XII MIPA 1, XII MIPA 5, XII IPS 2, XII MIPA 9, dan XII MIPA 7 yang menutup rangkaian perlombaan SOS 2023.

Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2023. Pada perlombaan Sing a Songjuara 1 diraih oleh Ida Bagus Agung Adhi Dharmasutha (XII MIPA 1), juara 2 diraih oleh A.A Sagung Putre Radya Radjeswari (XII IPS 2) dan juara ke-3 diraih oleh Ni Luh Putu Indira Pramesthi Widyantari (XII MIPA 7). Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba berbalas pantun yang dimana posisi pertama di duduki oleh tim dari kelas XI C3, kemudian diikuti oleh XI D2, dan XI B2. Terakhir, sebagai penutup yaitu pengumuman pemenang dari lomba susun hiragana. Juara 1 diraih oleh kelas X10, juara kedua diraih oleh kelas X5, dan terakhir juara ketiga diraih oleh dari kelas X2.

Rangkaian Sastra of SISMA 2023 menjadi salah satu wadah para siswa menunjukkan bakat dan mengasah kemampuan mereka dalam dimensi kebahasaan. Kedepannya diharapkan terbentuk generasi penerus bangsa yang cakap berbahasa sehingga bangsa kita mampu bersaing dalam kancah internasional.

TAGS :