Keseruan PARSIAL Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Bali

 12 Maret 2024    Dibaca: 12032070 Pengunjung

parsial

Pekan Apresiasi Sastra Bali (PARSIAL) kembali hadir di tahun ini dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa Bali ke-VI. Adapun beberapa kegiatan perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X & XI SMA Negeri 7 Denpasar adalah lomba cerdas cermat, cecimpedan, dan lomba mading.

Kegiatan ini dimulai pada Kamis, 15 Februari 2024 dibuka oleh Kepala SMA Negeri 7 Denpasar di aula sekolah.  Penampilan Sapta Kamini membuka rangkaian kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh siswa-siswi perwakilan dari masing-masing kelas XI.

Masih di hari yang sama, bertempat di area depan Padmasana sekolah diadakan penilaian lomba mading yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X & XI. Tentunya sudah banyak persiapan yang harus dilakukan oleh masing-masing kelas untuk menunjukan hasil karya mading yang terbaik. “Kurang lebih kami menghabiskan waktu 4 hari untuk menyelesaikan mading ini.” Ucap Danenra dari kelas XI C2 dalam wawancara (15/02/2024). Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba cecimpedan yang diikuti oleh siswa-siswi perwakilan dari masing-masing kelas X yang bertempat di aula sekolah. Walaupun waktu sudah menunjukkan pkl. 10.30 namun tidak mengurangi antusias siswa untuk menyaksikan lomba ini.

Hari selanjutnya pada Jumat, 16 Februari 2024 kegiatan PARSIAL merupakan  babak final dari perlombaan sebelumnya. Untuk lomba cerdas cermat yang diikuti oleh siswa-siswi kelas XI akhirnya mendapatkan pemenang yaitu kelas XI A2 sebagai juara ketiga, kelas XI A3 sebagai juara kedua, dan kelas XI B3 sebagai peraih juara pertama.  “Perasaan kami yang pasti sangat senang dan tidak menyangka dapat memenangkan perlombaan ini.” Ucap Wina perwakilan dari kelas XI B3 yang memenangkan juara 1 lomba cerdas cermat dalam wawancara (16/02/2024). Untuk lomba Cecimpedan yang diikuti oleh siswa-siswi dari kelas X akhirnya dimenangkan oleh kelas X12 sebagai juara ketiga, kelas X11 sebagai juara kedua, dan peraih juara pertama adalah kelas X9.  Sedangkan untuk lomba mading dimenangkan oleh kelas X3 sebagai juara ketiga, kelas XI A2 sebagai juara kedua, dan kelas XI C3 sebagai peraih juara pertama. “Liarkan saja ide-ide kalian dan jangan takut untuk berkreasi.” Ucap Jivan perwakilan dari kelas XI C3 sebagai kelas pemenang lomba mading dalam PARSIAL 2024.

Serangkaian keseruan dari kegiatan PARSIAL di SMA Negeri 7 Denpasar ditutup dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para juara perlombaan cerdas cermat, cecimpedan, dan mading yang diserahkan oleh wakasek kesiswaan.

TAGS :