Tirta Yatra SISMA Tahun 2023 Sebagai Wujud Kegiatan untuk Menajamkan Taqwa TerhadapTuhan

 11 Desember 2023    Dibaca: 11122073 Pengunjung

dharmayatra

Pada akhir semester genap, SMAN 7 Denpasar mengadakan kegiatan Tirta Yatra yang diikuti oleh siswa kelas XI. Tirta Yatra dilaksanakan pada tanggal 8-9 Desember 2023 dengan tujuan Pura Blambangan dan Pura Mandara Giri Semeru Agung di Jawa Timur. Tentunya kegiatan ini membawa angin segar bagi para siswa setelah melewati minggu Penilaian Akhir Semester. Kegiatan ini rutin diadakan sekolah dengan tujuan memperkenalkan Pura Hindu di tanah Jawa dan memupuk ketaqwaan terhadap Tuhan dalam pribadi siswa.Pada akhir semester genap, SMAN 7 Denpasar mengadakan kegiatan Tirta Yatra yang diikuti oleh siswa kelas XI. Tirta Yatra dilaksanakan pada tanggal 8-9 Desember 2023 dengan tujuan Pura Blambangan dan Pura Mandara Giri Semeru Agung di Jawa Timur. Tentunya kegiatan ini membawa angin segar bagi para siswa setelah melewati minggu Penilaian Akhir Semester. Kegiatan ini rutin diadakan sekolah dengan tujuan memperkenalkan Pura Hindu di tanah Jawa dan memupuk ketaqwaan terhadap Tuhan dalam pribadi siswa.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan melaksanakan persembahyangan bersama di sekolah sehari sebelumnya, barulah kemudian para siswa dapat mempersiapkan diri untuk berangkat esok hari. Pada Jumat, 8 Desember 2023 seluruh rombongan yang terdiri dari dua belas bus berangkat menuju destinasi pertama, yaitu Pura Blambangan. Dalam perjalanan, rombongan singgah di Pura Rambut Siwi untuk sembahyang demi keselamatan bersama. Perjalanan menuju Pura Blambangan berjalan lancar dan rombongan tiba di tempat pada pukul 17.00 WIB. Persembahyangan bersama dilaksanakan dengan pimpinan dari pemangku setempat. Usai bersembahyang, beberapa siswa ikut menghaturkan dana punia. Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan di Pura Blambangan, rombongan SMAN 7 Denpasar melanjutkan perjalanan ke Pura Mandara Giri Semeru Agung yang berlokasi di Lumajang, Jawa Timur.

Perjalanan menuju lokasi berikutnya diisi dengan pembagian konsumsi dan makan bersama di dalam bus masing-masing. Pukul 23.00 WIB tibalah rombongan di Pura Mandara Giri Semeru Agung. Dalam suasana khusuk malam hari yang tenang, persembahyangan dilaksanakan dengan lancar secara bersama-sama. Setelah menyelesaikan kegiatan, seluruh siswa diperbolehkan beristirahat dan menyiapkan diri untuk kepulangan mereka esok harinya. Tentunya perjalanan panjang ini memberi kesan tersendiri pada para siswa, Eva dari kelas XII D2 membagikan kesannya selama mengikuti Tirta Yatra, "Astungkara saat perjalanan semuanya sehat, kami juga asik bernyanyi nyanyi, dan untungnya cuaca yang sangat mendukung di hari ini, over all perjalanan hari ini sangat seru,” ungkapnya dalam wawancara bersama tim PROGRAMA7 (8/12/2023).

Pada Sabtu, 9 Desember 2023, rombongan SMAN 7 Denpasar melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Bali. Banyak hal tak terduga selama perjalanan, seperti jalanan macet, masalah bus, dan sebagainya yang membuat para siswa kurang nyaman. Setelah melalui perjalanan panjang selama dua hari, rombongan SMAN 7 Denpasar tiba di sekolah pada sore harinya dalam keadaan baik. Tirta Yatra tahun 2023 pasti membawa banyak cerita bagi para peserta untuk dikenang kemudian hari. (TIM PROGRAMA7)

TAGS :